Tugas kedua SIA…

Soal :

1. Pembagian tugas secara efektif kadang-kadang  tidak layak secara ekonomis pada bisnis kecil,berikan pendapat anda mengenai pernyataan tersebut…!

Jawab :

Menurut saya, pada bisnis kecil itu tidak perlu adanya pembagian tugas secara efektif. karena pada hakekatnya, bisnis kecil hanya membutuhkan pengerjaan yang secara individu saja sudah sangat ekonomis. karena pada bisnis kecil tersebut, hanya memproduksi hasil yang tidak terlalu besar seperti pada bisnis yang besar. pekerjaan yang tidak terlalu dibagi-bagi tersebut dapat menghemat efisiensi waktu, biaya, dan bahan baku.
oleh sebab itu, pada bisnis kecil tidak terlalu perlu adanya pembagian tugas. karna hal tersebut dapat digantikan dengan hal lain seperti, masing-masing pekerja bisnis tersebut dapat memperbanyak hasil produksinya. setiap pekerja telah memiliki bagian pekerjaannya. sehingga dapat mengurangi tingkat ekonomitas dalam bisnis tersebut. serta dapat membantu dalam proses pencapain target produksi.

Soal :

2. Ketika anda ke bioskop,anda membeli tiket yang sudah diberi nomor diloket atau kasir. Tiket tersebut kemudian diberikan  ke orang lain di pintu masuk bioskop? Pengendalian apa yang digunakannya untuk menghindari ketidak beraturan tersebut? Resiko dan pajanan apa yang dapat anda identifikasi.

Jawab :

Ketika dalam situasi seperti ini, pengendalian yang dapat kita lakukan supaya menghindari ketidakberaturan akibat penyerahan tiket yang dapat mengakibatkan kesalahan data ini yakni, pengendalian internal. dalam hal ini, pengendalian internal yang dapat kita lakukan yaitu dengan melakukan pengecekkan oleh pihak bioskop agar tidak menjadi penyalahgunaan dalam tiket tersebut.
Hal ini dilakukan agar mengurangi tindak penyalahgunaan tiket. dan dapat mengurangi ancaman dari luar yakni orang yang tidak memiliki identitas yang sesuai dengan data yang telah dibuat sebelumnya.

Resiko dari situasi ini dapat kita identifikasikan dengan melihat wacana yang ada. resiko yang dapat terjadi misalkan, terjadi penyalahgunaan database yang ada, terdapat ketidakjelasan sumber tiket, dan tentunya penyalahgunaan peraturan yang ada. untuk menghindari hal tersebut, hal yang dapat dilakukan yakni melakukan pemeriksaan atas data tiket tersebut. agar dapat menambah tingkat efisiensi, keakuratan, serta keamanan sesuai kebijakan yang berlaku.

Pajanan yang dapat di identifikasikan yakni, apabila terdapat kesalahan input data dan akhirnya diketahui, maka akan menimbulkan kerugian pada pihak si penginput data tiket tersebut. karena kesalahan dari pihak si pembeli, pada akhirnya dapat pula merugikan si petugas dari bioskop tersebut. bisa dikenai denda ataupun sanksi atas pekerjaannya tersebut. dengan dikuranginya gaji mereka.

Penjelasan di atas merupakan pengendalian dan identifikasi resiko serta pajanan pada kasus tersebut. pada setiap kasus, memang perlu dilakukannya identifikasi, terutama identifikasi mengenai resiko dan pajanan. hal ini dapat mengurangi terjadinya kesalahan yang akan mungkin terjadi.


One response to this post.

  1. Posted by teja on April 19, 2011 at 7:27 pm

    bisa jelasin “pajanan” itu apa?
    thx

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: